Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Kamis, 19 Maret 2009

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SEKOLAH

LATAR BELAKANG

Trans-AD II Hanura ( Hati Nurani Rakyat ) terletak di utara pusat Kota Bandar Lampung yang berjarak 13 km yang merupakan Proyek Angkatan Darat untuk Transmigrasi yang terkenal dengan nama HANURA termasuk wilayah Kecamatan Padang cermin Kabupaten Lampung Selatan yang sekarang menjadi Kabupaten Pesawaran.

Kemudian setelah Hanura dikirimi para Transmigrasi dari 4 kodam yaitu Kodam Brawijaya, Kodam Diponegoro, Kodam Siliwangi dan Kodam Sriwijaya yang berjumlah 200 KK

Mengingat Putra - putri warga Hanura banyak yang ingin melanjutkan atau menerukan pendidikan tingkat atas belum ada sedangkan transmigrasi pada waktu itu masih sulit akhirnya berdirilah SPG Hanura pada tahun 1968 dengan Filial SPG Negeri 2 Tanjung Karang sampai tahun 1973.

Selanjutnya atas permintaan orang tua wali murid Filial pindah dari SPG Negeri 2 Tanjung Karang ke SPG Negeri Poncowati dari tahun 1974 sampai dengan tahun 1980, dengan jarak yang cukup jauh unutuk Administrasi maka pihak Trans - AD II Hanura memohon agar Filial pindah ke SPG Negeri 1 Tanjung Karang kembali dari tahun 1981 sampai dengan 1982.

Mendengar berita bahwa SPG Negeri Hanura akan di tutup maka pengurus BP-3 Pemerintah Desa dan pimpinan SPG Hanura mengajukan permohonan serta menghadap ke Dirjen Dikdasmen di Jakarta yang akhirnya permohonan tersebut disetujui dengan Nomor Surat Keputus (SK) manunggal : 0300/0/1982 pada tanggal 9 oktober 1982 dengan nama SPG Negeri 1 Hanura Lampung Selatan.

Kemudian salah satu upaya yang penting untuk meningkatkan mutu Pendidikan adalah dengan cara meningkatkan mutu guru terlebih dahulu, karena pada dewasa ini jumlah tamatan Sekolah Pendidikan Guru dan Sekolah Guru Olahraga secara Nasional telah memenuhi keperluan tenaga Guru untuk Sekolah Dasar (SD), maka perlu melaksanakan alih fungsi SPF dan SGO yang menjadi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMA) lainnya.

Selanjutnya Sekolah Pendidikan Guru Negeri Hanura Lampung Selatan yang kini menjadi Pesawaran beralih fungsi menjadi SMA Negeri 1 Hanura Lampung selatan dengan Surat Keputusan (SK) Mendikbud Ri : 0342/U/1989 tertanggal 05 Juni 1989 yang kemudian menjadi SMU Negeri 1 Padang cermin dengan Surat Keputusan Mendibud Ri Nomor: 035/0/1997 tentang perubahan Nomenklatur SMA menjadi SMU serta Organisasi dan Tata kerjanya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Hai Guys mau kursus singkat Hotel langsung kerja???? Kini hadir Lansima Hotel Course ( LHC ). Penempatan kerja cepat & terjamin di hotel bertaraf internasional di dalam negeri dan di luar negeri seperti: Intercontinental Hotel, Oberoi Hotel, Moevenpick Hotel, Crown plaza Hotel dll. Info lanjut browse www.kursushotel.com Hubungi Sri Setianingsih 089693945521 atau E-mail ningsih@kursushotel.com Segera Raihlah Kesempatan Kerja & Karier di Hotel Internasional.

Posting Komentar